Jumat, 05 April 2013

dampak kerusakan hewan dan tumbuhan bagi masyarakat


 TUGAS GOGRAFI KELOMPOK

3
                              
DI SUSUN 
OLEH
v   MOH. ANSHAR
v   MOH. RIFAI
v   RIFALDI
v   NAWAF ALAMRI
v   LILIS OKTAVIA
v   NOVI HER DIYANTI



C. KERUSAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
                Faktor-faktor yang menyebapakan kerusakan hewan dan tumbuhan antara lain karana pengaruh evolusi, seleksi alam, tingkat adaptasi terhadap lingkungan,perusakan oleh manusia, dan bencana alam.
1.    Pengaruh evolusi
Evolusi adalah perubahan mahluk hidup secara perlaha-lahan dalamjangka waktu yang sangat lama, dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih sempurna. Proses evolusi ini bisa berjalan dalan ratusan, ribuan, bahakan jutaan tahun.

Dari penelitan beberapa ahli, di ketahui pula bahwa beberapa di nosaurus tertentu ternyata mempunyai kerangka yang hampir sama dengan mamalia karna itu di simpulkan pula bahwa mamalia berasl dari reptile setelah memakan waktu berjut-juta tahun lamanya.
Dari uraiyan di atas dapat di simpulkan 3 hal berikut.
a.   Mahluk hidup slalu menglami perubahan se3cara perlaha-lahan dalam waktu yang sangat lama.
b.   Perubaha-perubahan tersebut menyebapakan adanya penyimpangan dari struktur aslinya sehingga akan muncul spesiaes baru
c.    Tumbuhan dan hewan yang ada sekarang ini bukanlah merupakan mahluk yang pertama kali di bumi, tetapi bersal dari mahluk hidup di masa lampau yang telah mengalami perubahan.

2.  Seleksi alam
Pada suatu tempat di mungkinkan hanya terdapat beberapa jenis mahluk hidup, bahakan ada tempat yang hanya di diami satu jenis mahluk hidup saja. Beberapa penyebapanaya antara lain terlalu dingin, sulit mendapakan makanan, dan karna sebap lain yang dating dri alamitu sendiri. Inilah yang di maksud dengan seleksi. Ada dua factor utama yang menentukan seleksi, yaitu sebaigai berikut.

a.   Factor alam
Factor alam tertentu membatasi kemampuan hidup suatu orga nisme. Misalnya di daerah gunung padang pasir yang hanya tersdapat tumbuhan yang tahan terhasap iklim panas dan jumlah air yang sangat sedikit dan juga hewan-hewan
b.   Faktor lingkungan
Sesame mahluk hidup swering bersaing dalam memperebutkan makanan dan ruangan hidup akibat persaingan tersebut, yang kalah akan punah sedangkas hewan yang menang akan tetap bertahan hidup misalnya, sekarang ini suda jarang di jumpai harimau, badak bercula satu, dan beberapa jenis hewan lainya.

3.  Adaptasi lingkungan.
Hal ini menuntut mahluk hidup untuk slalu brusaha menyesuiakan diri dengan ke adaan atau kondisi lingkungan hidupnya. Penyesuaiyan diri terhadap lingkungan yang berbeda akan menghasilakan mahluk baru yang berbeda pula. Inilah yang di maksud denga adaptasi
                                          
4.  Perusakan oleh manusia.
Karna keterbatasan ekonomi dan tuntunan kehidupan, manusia banyak memburuh hewn dan menebangi tumbuhan. Tindakan manusia ini mengakibatkan hutan menjdi gundul dan mata air kering, sehingga pada musim hujan dapat terjadi bencana tanah longsor dan banjir
5.  Berbagai bencana alam yang terjadi di permukaan bumi.
Yaitu mempercepat rusaknya lingkungan dan kehidupan hewan dan tumbuhan. Bencana alam tersebut antara lain gempa bumi, tanah longsir, letusan gunung apai, banjir, angin topan,musim kemarau yang berkepanjangan dan dampak bencana ala mini juga dapat merusak areal pertanian dan tempat tinggal manusia beserta sarana-sarana kehidupan.





TUGAS
1.  MENGAPA SEKARANG BANYAK HUTA-HUTAN YANG KAYUNYA DEI TEBANGI SECARA LIAR TAMPA ADA USAHA PENGHIJAUWAN?JELASKAN APA BAHAYANYA….!
2.  JELASKAN BAGAI MANA PENDAPATMU UNTUK MENGATASI PENJARAHAN DAN PENEBANGAN LIAR TERSEBUT…?

JAWABAN
1.  Karna adnya keterbatasan ekonomi dan tuntunan ke hidupan, sehingga manusia banyak memburu hewan dan menebangi tumbuhan  secara liar sehingga menyebapkan banyak hewan-hewan mati dan bahkan punah.
Bahayanya adalah bisa terjadi bancana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, letusan gunung api, banjir, angin topan, musim kemarau yang berkepanjangan dan lain-lain.
2.  Menurut pendapat dari kelompok 3, cara mengatasi penjerahan dan penebangan liar tersebut adalah, dengan cara member peraturan tentang UU kehutanan dan bisa di taati di Negara tersebut, dan apabila peraturan tersebut di langgaqr mak akan di berikan sangsi bagi si pelaku, dan bisa juga dengan cara lain, yaitu dengan menjadikan hutan sebagai cagar alam dan itu bertujuan agar semua hewan yang ada di sekitar hutan tersebut tidak punah.
Dengan cara tersebut kita dapat menangani atau mengatasi upaya penebangan liar.












TUGAS MAKALAH GEOGRAFI
Kelompok 3

SMA ALKHAIRAAT PUSAT
            

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar